5 Cara Move On yang Ampuh dan Patut Anda Coba

Kita sering mendengar kata-kata “move on” dari orang-orang di sekitar. Biasanya,kata ini lebih seringn digunakan untuk masalah asmara. Namun jika ditilik lebih jauh, kata “move on” luas konteksnya. Kata ini dapat mengarah pada perasaan sedih dan tertekan karena pekerjaan, perasaan senang setelah liburan atau setelah menontonkonser musik impian, perasaan seduh karena harus meninggalkan lingkungan lama, dan perasaan khawatir karena harus memasuki lingkungan baru.

Dalam hidup, kita memang mengalami banyak peristiwa yang akan menimbulkan berbagai perasaan. Nah, kata “move on” ini banyak digunakan saat kita sedang merasa sedih. Tujuannya adalah agar kita tidak semakin merasa terpuruk. Banyak cara move on yang dapat dilakukan untuk kembali ceria dan bahagia, seperti berikut ini.

1.Mendekatkan Diri pada Tuhan

Semua yang terjadi dalam hidup seseorangadalah atas kehendak-Nya. Semua peristiwa yang menyenangkan dan menyedihkan memang sudah ditakdirkan oleh-Nya. Kita hanya perlu berusaha dan berdoa, tetapi keputusannya tetap berada di tangan Tuhan. Ibaratnya, manusia adalah aktor, sedangkan Tuhan adalah sutradara. Jika kita mengalami peristiwa yang menyedihkan, janganlah sampai berlarut-larut. Segeralah berdoa pada Tuhan karena doa mempunyai kekuatan yang sangat dahsyat untuk menghapus segala kesedihan.

2.Terimalah dengan Ikhlas

Hidup itu seperti roda. Kadang kita berada di atas, kadang berada di bawah. Begitu juga dengan perasaan. Kadang kita merasa senang karena mendapatkan kenyataan yang sesuai dengan harapan, kadang merasa sedih karena kenyataan tidak sesuai dengan harapan. Saat berada di bawah dan sedih, kita harus berusaha untuk bangkit. Cara move on ini memang tidak mudah. Namun, kita harus tetap melakukannya. Tanamkan dalam diri bahwa peristiwa ini hanya sementara. Kuatkan hati untuk menerima keadaan ini dengan ikhlas. Karena dengan hati yang ikhlas, hidup kita akan tenang.

3.Mengatur Emosi

Wajar saja kita merasa kecewa dan sedih jika mengalami peristiwa yang tidak sesuai dengan harapan. Bahkan tidak jarang, ada orang yang sampai meluapkan emosinya tanpa melihat tempat dan situasi. Hal ini tentu saja akan merugikan diri sendiri dan orang lain. Terlebih lagi, orang tersebut akan mendapatkan cap “emosian”.

Kita tidak ingin hal seperti ini terjadi, bukan? Agar hal tersebut tidak sampai terjadi, cobalah lakukan langkah-langkah seperti ini. Tenangkan diri dengan mengambil napas dalam-dalam, pikirkan hal-hal positif dan menyenangkan, lihatlah peristiwa yang dialami dari sudut pandang yang berbeda, dan ambil hikmah dari peristiwa tersebut agar menjadi pembelajaran di kemudian hari.

4.Carilah Kesibukan

Berdiam diri terus-menerus akan membuat kita terus mengingat peristiwa sedih yang dialami. Tentu saja hal ini tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, sibukkanlah diri dengan berbagai kegiatan. Misalnya, melakukan hobi yang mungkin selama ini tertunda, berkumpul dengan keluarga, berkumpul dengan teman-teman sehingga kita akan mendapatkan energi positif, lebih fokus pada pekerjaan, bergabung dengan komunitas baru sehingga kita akan mendapatkan hal-hal baru, dan berolahraga sehingga pikiran kita menjadi tenang, badan pun menjadi bugar. Dengan berbagai kesibukan, pikiran kita akan teralihkan dan akan mendapatkan pikiran yang positif.

5.Menyusun Rencana Baru

Untuk meraih kesuksesan dalam hidup, tentu saja kita harus menyusun rencana. Kita sudah menyusun rencana hidup sedemikian rupa dengan harapan semuanya akan terwujud. Segala usaha dan doa kita kerahkan. Namun kembali lagi, semua keputusan ada di tangan Tuhan. Jika salah satu rencana meleset, rasa sedih dan kecewa akan hadir. Rasanya, rencana yang sudah disusun sedemikian rupa menjadi sia-sia.

Hal tersebut sangatlah wajar, tapi kita tidak perlu merasa sedih dan kecewa berlarut-larut. Move on! Kita harus menyusun rencana-rencana baru. Buatlah daftar rencana yang sudah dikerjakan dan yang belum dikerjakan. Tandai rencana-rencana yang gagal dikerjakan untuk menjadi pembelajaran di kemudian hari. Lalu, cari solusi yang tepat untuk memperbaiki rencana-rencana yang gagal tersebut.

Baca juga: Kenapa rumput tetangga tampak lebih hijau

Melupakan peristiwa yang menyedihkan memang tidak mudah dan membutuhkan proses yang cukup panjang. Namun, hidup terus berjalan dan hanya sekali. Tentunya, kita tidak ingin terus tenggelam dalam kesedihan. Jika mengalami peristiwa yang menyedihkan dan mengecewakan, cara-cara move on di atas boleh dicoba. Saatnya kembali menjadi manusia yang ceria, bahagia, dan berpikiran positif. Selamat mencoba, ya!

MOCHAMMAD Penulis

Seorang Praktisi Bisnis Online yang menjadikan internet sebagai lahan meraih income. Berpengalaman menjalankan bisnis melalui internet sejak 2013 dan melalui Blog ini ingin membagikan sedikit informasi yang sekiranya bermanfaat untuk anda yang ingin menekuni bisnis Online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *